Selasa, 24 April 2012

Memulai Manga Studio 4.0 Bagian 3

Merubah Page Menjadi Story Di Manga Studio EX dan Debut


Jika anda sudah terlanjur membuat halaman dalam jumlah banyak dan ingin merubahnya menjadi story. Anda bisa melakukannya dengan mudah.

 

Pertama, buat sebuah story baru atau anda bisa membuka story yang pernah anda buat. Lalu pilih dari menu bar File-Import-Page File


Lalu cari page yang ingin anda import. Untuk Page, ekstension filenya adalah ".cpg".

Manga Studio Import Pages

Tips: sebaiknya seluruh resolusi dan ukuran file yang diimport adalah sama, agar kita tidak kesulitan ketika ingin membuat double page spread. Jadi jika halaman awal di story tersebut berbeda dengan yang ingin diimport, anda bisa menghapus halaman awal tersebut.


Membuat Double Page Spread  (Hanya Manga Studio EX)

Membuat double page sangat mudah. Double Page Spread hanya bisa melakukannya pada format story bukan page.
Anda hanya bisa menggabungkan halaman yang memiliki pasangan. Jadi bukan halaman pertama atau halaman terakhir ganjil.

Cari halaman yang berpasangan (untuk penjilidan kiri biasanya halaman genap berpasangan dengan halaman ganjil. Misalkan hal 2 - 3).

Lalu pilih salah satunya saja (tidak perlu dua-duanya) hingga halaman tersebut berbingkai merah – lalu klik kanan – pilih Match Pages


Manga Studio Match Pages

 Hasil Penggabungan


Untuk membatalkan atau memisahkan halaman. Seleksi page tersebut lalu klik kanan pilih Unmatch Pages untuk melepaskan/membatalkan penggabungan tersebut.

Jika kita menggunakan Manga Studio EX 4.0 versi awal, pilihan yang tersedia bukan Match dan Unmatch tapi Spread dan Make Single Page.

Keterangan lain.

 

 


Copy Page: Mengandakan page terseleksi, hasil penggandaan akan diletakan tepat di samping kanan. Kita bisa meng klik-dragnya ke posisi yang kita inginkan.

Clear page: Clear Page hanya menghapus isi (gambar) dari sebuah page.

Delete Page: Delete Page dipergunakan untuk menghapus halaman terseleksi. Biasanya akan muncul pilihan apakah anda ingin membackup halaman tersebut atau tidak. Jika tidak, maka halaman tersebut akan dihapus dan folder penyertanya akan di masukan ke recycle bin.

Insert Page: Berfungsi untuk menyisipkan halaman kosong kedalam story. Halaman kosong tersebut diletakan tepat di samping kanan halaman yang terseleksi. 

Select Page Template and Insert: Ini di pilih jika kita ingin memasukan Page baru dengan setting berbeda. Jika ini dipilih, akan muncul jendela untuk menyeting halaman baru atau memuat template yang pernah kita simpan.

View: Bagian ini berisi Page Info dan Seting tampilan.

Change Story Setting, Binding Position/Start Page Changing, Change Page Format Guide (All Page), Change Page Format Guide (Selective Page): Ini untuk mengubah Story Setting serta Page Setting. Kita bisa mengubah segalanya kecuali Paper Size. Hati-hati: Proses ini tidak di undo dan tidak dapat kembali ke pengaturan sebelumnya. Kadang, bahkan setelah kita memasukan kembali angka yang sama.

Edit Memo: Anda bisa menambahkan catatan kecil ke Story. Hal ini berguna jika Anda bekerja dalam sebuah tim.

Story Editor: Ini adalah bagian yang kita gunakan untuk menggambarkan tentang cerita dari buku komik yang kita buat. Teks yang kita masukkan ke dalam editor ini akan ditampilkan pada sudut kanan atas Page.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau ada pertanyaan untuk artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.