Rabu, 11 April 2012

Peralatan Komik Manual

Diantara alat manga  yang ada di bawah ini, mana yang telah kalian miliki?

Kertas

  • Kertas Bristol: Atau karton bristol (bristol board), Ini adalah kertas standar yang digunakan oleh komikus Amerika. Kertas ini umumnya lebih tebal dan kaku, serta memiliki permukaan yang lebih kasar dan keras bahkan untuk jenis smooth sekalipun. Daya kikis pensilnya sangat tinggi. Hal ini sebenarnya bisa menguntungkan karena goresan yang paling halus pun bisa terlihat jelas walaupun  membuat pensil menjadi cepat terkikis habis. Selain terdapat beragam jenis permukaan (smoothness), kertas ini juga memiliki berbagai macam berat (grams). Ukuran yang sering dipakai untuk komik Amerika adalah  tabloid (11 x 17 inch) dan umumnya terdapat panduan gambar yang dicetak dengan tinta biru tipis. Harga untuk kertas bristol ini relatif  lebih mahal dibanding kertas khusus komik lainnya. 

Bristol Board
Kertas Bristol


  • Kertas Manga: Atau sering di sebut gengko yoshi. Perusahaan yang paling terkenal yang memproduksi kertas ini adalah Deleter. Ada dua jenis kertas yang di produksi oleh Deleter yaitu fine paper dan kent paper. Kertas Deleter ini popular di Jepang dan sekarang, seiring dengan naiknya kepopuleran manga, kertas ini mulai dikenal di seluruh dunia.  Kertas ini  lebih tipis dan memiliki permukaan yang lebih licin dibanding kertas bristol. Ukuran yang sering di pakai adalah B4 (180 x 270mm). Harga kertas ini lebih murah dibanding kertas bristol. Di fine paper dan kent paper, Deleter juga meproduksi berbagai tipe kertas,  diantaranya adalah kertas yang memiliki grid atau panduan halaman (tipe A) dan ada juga yang polos (tipe B).

Deleter Manga Paper
Kertas manga Deleter tipe A  © Deleter


  • Kertas Manga di Indonesia:  Sekarang ini peralatan membuat manga relatif lebih mudah didapat. Umumnya perusahaan ini memiliki page di Facebook. Ada beberapa perusahaan yang menjual  berbagai perlengkapan manga, biasanya mereka mengimpor dari Jepang atau Cina. Perlengkapan dan peralatan impor dari Cina pastinya memiliki harga yang lebih murah ketimbang yang impor asal  Jepang.
  • Kertas HVS: Jika anda lebih suka menggambar sketsa secara manual dan memberi tinta secara digital, kertas ini mungkin menjadi pilihan favorit anda. Selain harganya yang relatif murah, kertas ini juga mudah didapat.

 
Lightbox (Kotak Lampu)

Pada dasarnya lightbox adalah permukaan kaca dengan lampu dibagian bawahnya. Lighbox biasanya digunakan untuk mengoreksi gambar. Gambar diletakan secara terbalik diatas lightbox yang telah dinyalakan lampunya, kemudian gambar tersebut dikoreksi keseimbangannya (balance). Selain itu lightbox juga berfungsi untuk melakukan tracing/inking di kertas yang terpisah. Pemberian tinta dengan menggunakan lighthbox bisa menghindari resiko merusak gambar asli jika kita melakukan kesalahan.

Ukuran ideal untuk lightbox ini  adalah 2 kali ukuran kertas yang sering kita pakai. Jika anda ingin fleksibilitas yang lebih tinggi dalam penggunaan kertas, maka 2 kali ukuran lebar tabloid adalah yang paling ideal. Ukuran kertas tabloid adalah 11 x 17 inchi, jadi ukuran ideal permukaan lightbox anda adalah 22 x 17 inchi.  Anda bisa menambah ukuran tersebut beberapa inchi lagi untuk memudahkan anda meletakan pensil dan penggaris di atasnya. Jika anda memiliki ruangan yang cukup luas, anda bisa memiliki lightbox dengan ukuran permukaan  65cm x 50cm. 

Permukaan lightbox memiliki kemiringan antara 10 hingga 40 derajat, tujuannya adalah agar jarak mata dengan tepi atas dan tepi bawah kertas relatif sama. Disamping itu, kemiringan ini juga berfungsi untuk menghindarkan kertas dari pantulan cahaya lampu yang kadang terlalu kuat.

  • Lightbox Sederhana: Lightbox yang seperti ini pada dasarnya hanyalah kaca 5mm yang  diberi bingkai kayu atau kaca dengan ketebalan 7.5mm – 1cm yang diamplas halus bagian tepinya. Untuk memiringkannya, umumnya bisa menggunakan buku atau kayu sebagai penyangga. Lampu diletakan di bagian bawah secara terpisah, hal ini sebenarnya beresiko karena jika penyanggah lighxboxnya bergeser dan lightboxnya jatuh, bisa dipastikan lampu tersebut akan pecah. Jadi sebaiknya penyanggah tersebut dibuat permanen. 
  • Lightbox Meja (Table top lightbox): Ini tipe lightbox yang sering dipakai. Berbentuk kotak dengan kemiringan permukaan diatur antara 20 hingga 40 derajat. Lightbox ini umumnya terbuat dari kayu walau ada juga yang membuat lightbox dari bahan plastik atau akrilik (Copic memproduksi lightbox dengan bahan akrilik ini). Lightbox dengan kemiringan yang bisa diatur sangat sulit didapat, bukan cuma di Indonesia tapi juga diseluruh dunia. Meja gambar arsitek memiliki kemiringan yang bisa diatur, tapi ini bukan lightbox dan harganya relatif mahal.
  • Lightbox Merangkap Meja: lightbox ini menggunakan meja yang rancang ulang menjadi sebuah lighbox. Karena bentuk awalnya adalah sebuah meja, lightbox ini memiliki luas permukaan yang lebih lebar.  Jika mau, anda juga bisa membeli sebuah meja komputer yang murah dan kemudian merubahnya menjadi lightbox.

Copic Light Box
Table top lightbox A3  dari bahan akrilik merek Copic. © Copic


Lightbox relatif sulit didapat di Indonesia dan kalaupun ada, harganya mungkin tidak murah. Solusi terbaik bagi anda yang tidak memiliki lightbox adalah dengan membuatnya sendiri atau  menggunakan jasa tukang kayu.

Dana yang diperlukan untuk membuat lightbox dengan kualitas baik sangat bervariasi antara Rp 200.000 hingga Rp. 400.000. Anda mungkin bisa mendapat harga yang lebih murah jika anda memesan lightbox tersebut dalam jumlah yang banyak atau bahan kayu yang dipakai adalah kayu murah meriah seperti MDF atau kayu partikel (Perhatian! kayu ini tidak tahan air dan mengandung resin).



Pena Celup

Ada beragam pena celup yang ada dipasaran, disini saya hanya menjelaskan pena celup yang paling sering dipakai. Pena celup ini umumnya memiliki hasil garis yang bisa diatur, tergantung tekanan yang anda berikan saat memakai pena tersebut. Gagang pena dan mata pena, umumnya dijual secara terpisah.


Pena Manga
Gagang pena, mata pena G-pen, Circle pen dan Turnip pen merek Tachikawa.

  • G-pen: Gpen adalah pena celup yang paling sering dipakai karena ketebalan garisnya yang paling mudah untuk diatur. Gpen ini cocok untuk memberi tinta pada gambar utama atau latar depan.
  • Saji Pen: Atau Turnip pen, memiliki ujung pena yang sedikit lebih kaku ketimbang Gpen. Saji pen mampu menampung tinta lebih banyak sehingga cocok untuk gambar latar yang berulang seperti pohon atau rumput.
  • Circle Pen: Atau maru pen, garis yang dihasilkan umumnya lebih tipis dibanding Gpen dan School pen. Mata pena ini cocok untuk menggambar latar belakang yang berupa garis seperti gedung dan rumah atau untuk menambah detail pada gambar utama.

Ada beragam merek mata pena dan juga tangkai pena. Untuk saat ini, berdasarkan pengalaman orang yang memakainya, mata pena Zebra masih yang terbaik, tentu saja dengan harga yang sedikit lebih mahal. Selain itu ada juga mata pena dengan kualitas yang juga cukup bagus seperti Tachikawa dan Nikko. Jika anggaran anda terbatas, anda bisa membeli mata pena “ manga tools “ buatan china dengan harga lebih murah.


Pena Gambar / Drawing Pen

Pada awalnya pena seperti ini dipergunakan oleh arsitek, terutama sebelum maraknya penggunaan software CAD . Pena ini memiliki berbagai ketebalan mata pena dari 0.03 mm – 2mm.

Ada beragam jenis pena gambar, yang paling mahal adalah yang memiliki ujung mata pena terbuat dari besi atau sering disebut pena rapido. Di dalam mata pena ini berisi jarum halus (tergantung ukuran pena) yang berfungsi untuk mengalirkan tinta.

Tinta yang digunakan bisa beragam baik tinta cina/india yang tahan air maupun yang tidak tahan air. Pena jenis ini harus dibersihkah dalam jangka waktu tertentu karena tinta yang terlalu lama tersimpan didalam pena, bisa mengering dan merusak pena. 

Yang lebih murah adalah pena gambar dengan mata pena terbuat dari serat sintetis. Sebenarnya istilah pena gambar justru merujuk pada pena jenis ini.  Untuk pena jenis ini, disarankan untuk memilih pena dengan tinta tahan air.

 Berbagai merek yang paling sering ditemukan  untuk pena jenis rapido adalah :

  •     Rotring
  •     Staedtler
  •     Faber Castell
  •     Koh-I-Noor

Sedangkan merek yang paling sering ditemukan untuk pena gambar dengan mata pena serat sintetis adalah:

  •     Staedtler
  •     Uni Mitsubishi
  •     Pilot
  •     Sakura
  •     Copic


Copic

Saat ini copic telah memproduksi beragam produk, tapi istilah copic ternyata masih melekat pada produknya yang paling populer yaitu copic marker. Copic marker ini mirip seperti spidol  dengan warna yang lebih mudah diatur tebal tipisnya dan mudah rata.  Copic biasanya dipakai untuk mewarnai halaman depan manga (Cover) atau halaman berwarna manga.  Copic marker memiliki 4 tipe yang terdiri dari :

  •     Copic Marker
  •     Copic Ciao
  •     Copic Sketch
  •     Copic Wide Markers

Copic Ciao
Copic Ciao © Copic

Copic memiliki harga yang relatif mahal, biasanya dijual perpaket yang dengan beragam jumlah yang terdiri dari 6 hingga 72 unit dalam 1 paketnya. Copic ini merupakan marker yang dibuat di Jepang. Selain Copic, merek lain yang memproduksi marker serupa adalah Deleter dengan nama produk Neopiko. Jika dana anda terbatas anda bisa memilih marker buatan Cina. Merek marker Cina yang cukup populer adalah FineColour.



Pensil

Pensil adalah alat tulis yang pada awalnya terbuat dari grafit sebagai intinya. Saat ini anda bisa menemukan pensil dengan beragam jenis pegangan (holder) dan beragam isi pensil.  Isi pensil yang paling sering dipakai adalah grafit dan karbon dengan campuran yang berupa lilin dan  tanah liat.  Ada beragam tingkat kehitaman sebuah pensil dari yang paling lembut hingga yang paling keras.

Selain itu terdapat juga pensil dengan isi mata pensil arang (charcoal) dan juga pensil berwarna. Pensil berwarna menggunakan grafit / carbon dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali, tetapi lebih banyak kandungan tanah liat, lilin dan pewarna.  Pensil dengan isi mata pensil arang, jarang digunakan dalam dunia komik sedangkan pensil  berwarna masih sering dipergunakan dalam dunia komik.

Berikut ini adalah jenis pensil berdasarkan pegangannya (holder)

  • Pensil Kayu: Kertas dan Kayu merupakan pegangan yang pertama kali dipergunakan. Pensil kayu ini harus diserut untuk menajamkannya. Penyerutan ini membuat tangkai pensil semakin pendek dan beratnya semakin berkurang. Untuk beberapa orang, tangkai yang semakin pendek dan berat yang semakin ringan ini,  bisa sangat menganggu karena bisa merubah cara orang melakukan goresan diatas kertas.
  • Pensil Mekanik: Banyak orang yang lebih menyukai pensil mekanik ketimbang pensil kayu, karena tidak perlu repot untuk menyerut dan beratnya relatif tidak berubah.  Ada beragam ukuran mata pensil dari 0.2mm - 5.5mm. Jika anda tipe orang yang suka menekan kuat saat menggambar, sebaiknya menggunakan mata pensil dengan diameter 2mm keatas.
  • Lead Holder: Di luar negeri sana, isi pensil sering disebut lead (tidak sama dengan timbal beracun ya!) dan pegangannya disebut lead holder. Lead holder ini prinsip kerjanya hanyalah menjepit isi pensil. Jadi lead holder tidak sama dengan pensil mekanik, karena tombol bagian atas hanya berfungsi untuk melepas jepitan di ujung lead holder bukan untuk mendorong isi pensil keluar. Lead holder umumnya digunakan dengan isi pensil ukuran 2mm.  Ada lead holder untuk ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari 2mm tapi jumlah jauh lebih sedikit dibanding dengan lead holder untuk mata pensil 2 mm.
  • Serutannya: Pensil mekanik umumnya tidak memerlukan penyerut kecuali untuk ukuran 2mm keatas. Serutan untuk pensil kayu, pensil mekanik dan juga lead holder, pastinya berbeda - beda. Yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah penyerut pensil kayu sedangkan penyerut untuk pensil mekanik dan juga lead holder relatif sulit dan harganya lebih mahal.

Staedtler Lead Holder
Lead holder merek Staedtler, 2mm pensil lead dan penyerut khusus lead holder

Mungkin tidak terhitung jumlah perusahaan yang memproduksi alat tulis ini. Berikut ini adalah beberapa yang paling terkenal.

  • Staedtler: perusahaan Jerman ini memproduksi beragam pensil kayu, lead holder dan pensil mekanik dan beragam ukuran mata pensil.
  • Faber Castell: sama seperti staedtler, perusahaan Jerman ini juga memproduksi beragam pensil kayu, lead holder dan pensil mekanik dan beragam ukuran mata pensil. Faber Castell memiliki pabrik di banyak negara dan memiliki 4 buah pabrik yang terletak di Cibitung dan Bekasi Indonesia.
  • Koh-I-Noor: Ini adalah Perusahaan Amerika, juga memproduksi beragam jenis pensil mekanik dan lead holder. Koh-I-Noor banyak memproduksi beragam jenis lead holder yang seluruhnya terbuat dari besi.
  • Uni Mitsubishi: Perusahaan ini berasal dari Jepang dengan jenis produksi yang  tidak kalah lengkapnya dengan perusahaan asal Jerman dan Amerika di  atas.

Secara pribadi saya sangat menyukai lead holder ketimbang jenis pensil yang lain, menurut saya, berat lead holder sangat ideal, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Kemudian pemberat (metal grip) yang terletak di bagian bawah juga sangat membantu untuk menstabilkan goresan.  Untuk saat ini harga lead holder masih cukup tinggi, antara $6 hingga $8 dan masih sangat sulit ditemui di Indonesia. Jika anda benar-benar tertarik untuk menggunakanya, saya sarankan anda membeli lead holder yang memiliki metal grip atau yang seluruhnya terbuat dari besi. Karena menurut saya, lead holder yang seluruhnya terbuat dari plastik lebih cocok digunakan oleh anak-anak.


Kuas

Kuas tersedia dengan berbagai bentuk dan untuk berbagai fungsi yang berbeda. Kuas standar adalah jenis kuas yang paling sering di pakai. Kuas ini umumnya dipergunakan mewarnai dengan cat air atau pewarna poster. Pada awalnya bulu kuas terbuat dari bulu hewan tapi sekarang ini, kuas dari bulu hewan semakin sulit ditemukan, lebih banyak kuas  yang terbuat dari bahan serat sintetis (polyester) atau serat ijuk (bristle).

  • Kuas bloking (blocking): Untuk bloking atau pemberian tinta secara luas, anda bisa menggunakan kuas standar atau kuas dengan ujung berbentuk pipih (gepeng).
  • Kuas untuk meninta / Liner: Kuas liner mirip seperti kuas standar, perbedaanya adalah di bulu kuasnya yang lebih panjang. Bulu kuas dari bulu hewan atau ijuk lebih mudah digunakan karena bisa menampung lebih banyak tinta. Sedangkan kuas dengan bulu sintetis (polyester) tidak bisa menampung tinta dengan jumlah banyak, anda harus sering mencelupkan kuas anda kedalam botol tinta. Meskipun demikian hasil goresan dari kuas-kuas tersebut tidak terlalu jauh berbeda.
  • Fude Pen: Fude pen adalah kuas berbentuk pena. Ada dua macam mata pena untuk jenis kuas seperti ini yaitu soft felt tip dan hair tip. Sesuai namanya soft felt tip terbuat dari serat sintetis padat, mirip seperti ujung mata spidol tapi lebih lembut. Sedangkan yang berbentuk hair tip, memiliki ujung kuas yang terbuat dari bulu yang umumnya merupakan bulu sintetis. Saya sarankan, jika bisa, pilihlah kuas dengan ujung yang terbuat dari bulu. Kuas soft felt mungkin terasa nyaman pada awalnya, namun mudah sekali rusak dan membuat hasil goresan tidak rapih.

Standart Brush
Kuas pipih, kuas standar dan kuas liner (Peninta)

Penggaris

Sebaiknya pilih penggaris yang terbuat dari plastik transparan, karena memudahkan anda untuk melihat garis lain yang telah anda buat.  Anda mungkin memerlukan penggaris lurus dengan berbagai ukuran. Penggaris dengan ukuran  30 cm dan 40 cm mungkin yang paling ideal dan mungkin anda sudah memilikinya.  Anda juga memerlukan penggaris besi jika anda ingin mempergunakannya untuk memotong kertas.

  • Penggaris Lurus: penggaris ini adalah penggaris yang paling umum ditemukan
  • Penggaris Segitiga: Pengarang komik umumnya menggunakan penggaris  berbentuk hurut T untuk menggambar garis sejajar atau garis tegak lurus. Namun sayangnya penggaris tersebut jarang ada atau mahal. Penggaris segitiga ini bisa menjadi alternative yang sama baiknya, mudah di dapat dan pastinya lebih murah.
  • French Curve: Sering juga disebut penggaris awan. Ini adalah penggaris berbentuk kurva, umumnya digunakan untuk membuat speed line yang tampak berputar atau berotasi.
  • Penggaris Template: Penggaris jenis ini banyak terdapat dipasaran dengan beragam harga dan bentuk template. Bentuk  template yang paling umum adalah lingkaran dan elips.
  • Busur: Busur derajat dipergunakan untuk membentuk garis dengan derajat kemiringan tertentu.

Yang harus diperhatikan ketika anda membeli  adalah  bagian tepi penggaris yang rapih. Karena cacat sekecil apapun,  akan membuat penggaris tersebut tidak bisa digunakan dengan leluasa.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah keakuratan dari penggaris tersebut. Angka pada penggaris kadang dicetak pada saat penggaris itu baru selesai dicetak sehingga masih panas, setelah dingin dan penggaris tersebut tidak lagi memuai, ukurannya pun berubah.  Saya pernah  membeli penggaris murah meriah ukuran 40 cm yang ukurannya berbeda 0.5 cm dibanding penggaris yang lain. 

Yang terakhir yang harus diperhatikan adalah penggaris tersebut memilik ink edge atau tidak. Anda sebenarnya bisa saja mengunakan karton dan double tape pada bagian bawah penggaris atau menggunakanya secara terbalik untuk menggantikan ink edge, tapi kalau ink edge tersebut telah ada sejak awal, itu lebih baik lagi kan?


Jangka (compass)

  • Jangka Biasa: Jangka ini adalah yang paling mudah ditemukan dan harganya pun relatif murah. Terdapat berbagai macam jangka yang terbuat dari besi maupun plastik dan dengan beragam jenis pensil. Ada yang jangka yang bisa menggunakan pensil kayu, mata pensil yang di jepit dan ada juga yang jangka dengan pensil mekanik. Ada berbagai merek yang beredar di pasaran. Di Indonesia, jangka merek Rotring cukup mudah ditemukan, harganya relatif lebih mahal tapi kualitasnya sangat baik dibanding yang lain.
  • Jangka Tinta: Entah mengapa tipe jangka seperti ini memilik harga yang jauh lebih mahal dibanding jangka biasa. Mungkin karena jarang yang pakai sehingga hanya diproduksi sedikit. Jangka seperti ini biasanya terbuat dari besi dengan ujung jangka berbentuk seperti capit. Ujung yang seperti capit itu bisa dicelupkan ke botol tinta atau tinta yang diteteskan ke ujung  jangka dengan menggunakan kuas.  Untuk saat ini, beberapa merek yang bisa ditemukan di Indonesia adalah Staedtler dan Rotring.


Penghapus

  • Penghapus Mekanik : Penghapus ini memiliki mata penghapus dengan beragam diameter. Yang paling mudah ditemui di Indonesia adalah yang memiliki diameter  3.8 – 5 mm. Merek yang cukup baik  yang mudah saya temukan di Indonesia adalah penghapus mekanik 3.8mm merek  Zebra.
  • Penghapus elektrik :  Penghapus ini menggunakan dinamo dan batere untuk memutar mata penghapus. Harganya relatif murah tapi menurut saya biaya terbesar dari penghapus ini bukan diharganya tapi justru dibaterainya yang harus terus diganti atau di isi ulang.
  • Penghapus Exam Grade : Penghapus exam grade cukup mudah ditemukan. Mereka umumnya mempromosikannya sebagai “Exam Grade ,dust free eraser” walau tidak 100 % bebas ampas (hm?). Penghapus ini memiliki  kelunakan tertentu yang membuat ampas tersebut tetap menempel satu sama lain sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Kemampuan hapusnya cukup baik, cukup bersih dan tidak merusak kertas.  Penghapus jenis ini biasanya mudah patah, anda bisa mencegahnya dengan menggunakan eraser holder atau membuat kertas pembungkus tambahan yang lebih tebal. Merek yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah Stabilo dan Faber Castell.
  • Pengapus Pilin (Kneadable Eraser) : Penghapus ini mirip seperti lilin mainan. Jika anda meletakannya di sembarang tempat, anak kecil yang menemukannya pasti menganggap itu adalah lilin mainan.  Merek yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah Derwent dan Lyra, walau fungsi keduanya sama, penghapus Lyra memilik harga yang lebih murah dari Derwent.
  • Penghapus Ballpoint / penghapus pasir : Anda akan memerlukan ini jika anda menggunakan screen tone secara manual.  Bagian penghapus yang kasar digunakan untuk menghilangkan bagian tertentu dari screen tone yang anda gunakan.  Entah mengapa, saya jarang menemukan penghapus jenis ini dipasaran. Sebagai gantinya, anda juga bisa menghasilakan efek yang sama dengan menggunakan amplas (sandpaper).

Eraser Holder
Eraser Holder

Penghapus biasanya terbuat dari bahan utama karet, pengenyal (gum) dan juga PVC (Polyvinyl chloride). Bahan tambahan lainnya adalah perwarna dan serbuk kaca. Penghapus non-PVC lebih lembut dibanding dengan yang mengandung PVC dan lebih mudah patah.  Penghapus non PVC ini muncul karena berbagai isu kesehatan berkaitan dengan PVC. 

Sebagai pengarang komik, selain isu soal kesehatan, anda juga harus tahu bahwa penghapus ini umumnya bersifat korosif, jika penghapus ini menempel  pada bahan plastik dalam waktu yang cukup lama, maka bahan plastik itu pasti akan rusak. Biasanya korban pertama adalah penggaris yang tertempel ampas penghapus.


Tinta

  • Tinta india: Tinta india adalah tinta standar yang digunakan komikus Amerika. Harganya lebih mahal ketimbang tinta gambar lain pada umumnya, walaupun memang kualitasnya paling bagus. Tinta ini sangat tahan air, jika sudah mengering mustahil untuk bisa menghapusnya. Jika secara tidak sengaja, tinta ini menempel di tangan atau bagian tubuh lain, mungkin butuh waktu berhari-hari untuk menghilangkannya. Biasanya jika sudah berhari-hari , tinta ini akan hilang dengan sendirinya. Namun jika  menempel di baju, ya sudah relakan saja, setidaknya baju itu bisa menjadi tanda bahwa anda pernah berusaha membuat komik.  Di Indonesia, tinta india ini hanya dijual di toko kusus menjual peralatan seni.
  • Tinta cina: Tinta cina lebih mudah didapat dan harganyapun lebih murah dibanding tinta India. Tinta cina umumnya tahan air  jika sudah mengering, walau kadang sifat tahan airnya tidak sebaik tinta india.
  • Tinta putih: Tinta putih digunakan untuk merapihkan penintaan. Walaupun sering disebut tinta, tapi menurut saya, tinta ini lebih cocok disebut cat. Karena bahan dasarnya lebih mirip dengan cat poster ketimbang tinta cina atau tinta india. Agar tidak merusak tinta, sebaiknya gunakan kuas yang terpisah dengan kuas untuk tinta hitam. Tinta putih ini ada yang tahan air dan ada juga yang tidak tahan air, ada yang memiliki bahan pencair thinner (ini kalau bukan cat, pasti tipe-x), alkohol dan juga air.

Ada beragam merek tinta manga yang beredar di pasaran, yang paling terkenal adalah tinta merek Deleter yang memproduksi 5 macam tinta hitam dan 2 macam tinta putih, lalu Kuretake dan Pilot.  Walau berbeda merek, tinta gambar ini biasanya terbuat dari bahan yang sama seperti tinta india atau tinta cina. Perhatikan label anti air yang tertera di kemasannya, jika tidak ada tulisan waterproof dan sejenisnya, berarti tinta tersebut tidak tahan air. Di Indonesia mulai banyak dijual tinta kusus komik, baik yang berwarna hitam dan juga putih.

Deleter Ink
Berbagai macam tinta gambar merek Deleter. © Deleter


Sekedar info, jika anda menemukan orang yang memiliki tangan kotor belepotan tinta, jangan jijik terlebih dahulu karena kemungkin besar orang itu adalah pengarang komik atau seorang pemberi tinta (inker). Bukannya mereka malas, tapi tinta cina dan tinta india memang sulit dan butuh waktu lama untuk dibersihkan.


Screen Tone

Screen tone adalah pola berbentuk titik-titik dengan tingkatan warna abu-abu atau motif lainnya. Screen tone yang bagus berbentuk seperti sticker walau daya rekatnya tidak bersifat permanen.  Plastik sticker yang digunakan untuk screen ini memiliki kelembutan tertentu sehingga mudah untuk dipotong atau digores. 

Screen yang paling terkenal adalah screen buatan Jepang dengan merek Deleter. Walaupun Deleter telah memproduksi beragam peralatan komik lainnya, tetap saja nama Deleter identik dengan screen tonenya. Hingga saat ini Deleter memproduksi screen tone dengan 600 pola berbeda. Screen tone Deleter masih sulit ditemui di Indonesia, 
Deleter Screen Tone © Deleter

Cara termudah untuk mendapatknya adalah membeli secara online. Jangan lupa untuk membeli tone hera juga (alat berbentuk tangkai persegi untuk menekan screen tone agar menempel lebih kuat). Jika dana anda terbatas anda juga bisa membeli screen tone buatan cina yang relatif lebih mudah di dapat di Indonesia atau anda bisa membuat screen tone sendiri.

Screen tone merek Rugos semakin sulit ditemukan ( lebih banyak yang huruf ) dan saya tidak merekomendasikan merek screen tone ini karena bahanya perekatnya yang sangat rapuh, kecuali jika anda bisa menemukan screen tone Rugos yang berbentuk stiker.


Alat Pelengkap Lainnya

Pisau Cutter

Pisau cutter ini anda perlukan untuk memotong kertas dan juga untuk memotong dan mengikis screen tone.


Hair Dryer

Tinta kualitas tinggi kadang sulit kering padahal perkerjaan tidak bisa dilanjutkan jika tinta tersebut masih basah, pengering rambut ini bisa digunakan untuk mempercepat proses pengeringan tersebut. Gunakan pengering ini dengan jarak agak jauh terlebih dahulu dan kemudian semakin mendekat ketika tinta semakin kering karena kuatnya hembusan angin alat ini , bisa membuat tinta yang masih basah mengalir lagi kesegala arah.



Kaca Cermin

Cermin dipergunakan untuk memeriksa keseimbangan gambar. Ini sama seperti memeriksa gambar dengan lightbox hanya saja anda tidak perlu repot menyalakan lampu. Walaupun saya memiliki lightbox tapi saya justru lebih sering memakai cara ini karena lebih praktis. Cermin juga bisa anda gunakan untuk melihat wajah kita sendiri untuk bantuan menggambar ekspresi atau untuk memeriksa, betapa jeleknya tampang kita ketika stress karena dikejar deadline.


Mirror
Pink adalah warna yang sangat disarankan :)


Terpaksa  Menjadi Alat

Sisir dan Sikat gigi

Mungkin ketika anda kecil pernah bermain dengan sikat gigi dan sisir ini. Sikat gigi yang telah dicelup perwarna kemudian digosokan dengan menggunakan sisir diatas kertas.  Cipratan perwarna tersebut membentuk tektur yang mirip dengan tektur noise. Jika anda melakukan hal yang sama dengan tinta hitam, anda bisa menggunakan tekstur tersebut sebagai screen tone untuk komik anda.


Tisu dan Kain Perca

Tisu dan kain perca bisa menjadi alat bantu yang bagus untuk membuat asap hitam atau daun-daun pohon.


Plastic Wrap

Ini adalah plastik tipis yang biasanya dipakai untuk membungkus makanan. Biasanya dijual di supermarket dalam bentuk gulungan (roll). Anda juga bisa membungkus tangkai pena, kuas atau bahkan segala alat yang anda gunakan dengan cara dipegang dengan plastik ini. Plastik ini bisa melindungi tangkai pena dari tinta, kadang kita membuang  tangkai pena tersebut bukan karena rusak tapi karena endapan tintanya terlalu sulit/terlalu kotor untuk dibersihkan.  Saya bahkan membungkus Wacom pen saya dengan plastik ini agar terlindung dari tangan saya yang mungkin berminyak, Wacom pen yang telah terkena minyak biasanya sulit dibersihkan dan juga menjadi licin ketika digunakan.


Artikel Terkait:

11 komentar:

  1. Kira kira.. harga Copicnya berapa ya kalo di indonesia??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba search tokopedia. Ketik saja copic. Harga toko offline bisa lebih mahal.

      Hapus
  2. Permukaan lightbox memiliki kemiringan antara 10º – 40º derajat, tujuan adalah agar jarak mata dengan tepi atas dan bawah relative sama. Disamping itu, kemiringan ini juga berfungsi untuk menghindarkan kertas dari pantulan cahaya lampu yang terkadang kuat. INI REFERENSI DARI BUKU SIAPA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada referensinya. Kemiringan tersebut disesuaikan antara tinggi badan dan tinggi meja gambar.Jadi referensi setiap orang bisa berbeda.

      Hapus
  3. Permisi gan..
    Kalau harga screentone nya sendiri minimal berapa?
    Terus apa bisa spidol faber castel jadi pengganti copic? Terima kasih..

    BalasHapus
  4. Permisi gan..
    Kalau harga screentone nya sendiri minimal berapa?
    Terus apa bisa spidol faber castel jadi pengganti copic? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ini penerapan screen tone manual itu sudah sangat jarang, jadinya yang jual juga semakin jarang. Screen tone yang murah itu merek Rugos, bisa dicari di gramedia tertentu harganya sekitar Rp 8ribu/ lembar. Kalau screen tone merek deleter, dulu saya beli sekitar Rp 40ribu/lembar. Untuk harga terupdate coba tanya ke facebook pagenya IMStudio.

      Spidol faber castel tidak bisa menggantikan copic. Ciri khas copic itu warnanya gampang merata, spidol lain belum tentu mudah rata.

      Hapus
  5. Artikel yg sangat membantu, thank!

    BalasHapus
  6. Wah.. masukan paling lengkap utk cergamis pemula, makasi gan infonya. Minta emailmya soalnya aq tinggal di daerah yg gk kenal peralatan gini.

    BalasHapus
  7. Trims gan sgt membantu apkh cergamis sprti Yanmintaraga, Man, Djair jg menggunakn alat² ini? Tlg dimna sy bisa dptkn peralatan ini

    BalasHapus
  8. betway - ti 89 titanium calculator, casino, poker - Ti 89
    betway › wiki titanium trim as seen on tv › betway titanium vs ceramic › wiki › betway betway › wiki › betway Betway Betway Online Sportsbook - Live in-play 2014 ford focus titanium hatchback betting & online betting on titanium camping cookware sport. betway Casino - Bonus up to babyliss pro titanium flat iron $250. Betway Sportsbook - Get a $250 deposit bonus.

    BalasHapus

Kalau ada pertanyaan untuk artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.