Rabu, 04 April 2012

Anatomi Komik

Anatomi Halaman Komik


Ukuran yang saya pergunakan disini adalah ukuran cetak. Anda bisa menyesuaikan ukurannya menjadi 2 kali lipatnya jika anda menggunakan kertas gambar dengan ukuran 2 kali lebih besar dari ukuran cetak.

Karena perbedaan ukuran komik dari tiap-tiap penerbit, ukuran kertas secara lengkap tidak disertakan. Halaman ini menggunakan cara penjilidan Amerika atau Indonesia yaitu penjilidan disebelah kiri (left binding).



Comic Page Anatomy

Keterangan:

  • Area Gambar: Di area ini anda membuat gambar.
  • Safe Area: Biasanya ukurannya 5mm dari tepi bleed ke dalam. Safe area adalah wilayah aman untuk gambar anda, artinya diluar area ini ada kemungkinan gambar anda akan terpotong. Oleh karena itu untuk gambar yang penting, suara dan dialog harus diletakan didalam safe area. 
  • Bleed: Jika safe area adalah wilayah aman agar tidak terpotong, bleed adalah area yang hampir pasti bakal terpotong. Bleed pada dasarnya adalah gambar yang sengaja dilebihkan dengan tujuan agar batas terluar halaman tidak terlihat dan komik terlihat semakin rapih. Ukuran bleed umumnya adalah 2mm untuk tiap tepi. Jika anda membuat komik dengan ukuran 2 kali lebih besar dari ukuran aslinya, maka ukuran bleed menjadi 4mm untuk tiap tepinya.
  • Panel: Area pada halaman komik yang berisi 1 adegan. Panel umumnya berbentuk kotak walaupun kadang beberapa pengarang menyelipkan panel dengan bentuk lain.
  • Bingkai Panel (frame): Ini adalah cara yang paling umum untuk membuat batas antara 1 panel dan panel lainnya tetapi tidak semua panel harus memiliki bingkai.
  • Panel Interval (Gutter): Jarak antar panel, umumnya 3mm untuk Gutter vertikal, dan 5mm untuk Gutter horizontal.  Perhatian: Manga Studio 4.0 mempergunakan istilah interval ketimbang gutter, Jadi untuk Interval  yang melintang di sebut Vertical dan yang membujur disebut Horizontal. Karena yang di perhitungkan adalah jarak antar 2 garis.
  • Throat: Sesuai dengan namanya yang berarti tenggorokan, ini adalah bagian yang dari halaman komik yang akan tertelan / tidak terlihat akibat penjilidan. Ukurannya bervariasi antara 5mm-10mm.
  • Center Mark: Garis ini terletak tepat ditengah - tengah halaman secara keseluruhan.  
  • Crop Mark: Ini adalah tanda potong (cut off mark). Hampir semua buku umumnya dicetak di kertas yang ukurannya lebih lebar. Perhatikan garis pertemuannya, disitulah komik yang anda buat akan dipotong untuk membuang kelebihan kertas tersebut. Itulah sebabnya crop mark selalu bersinggungan dengan bleed. Crop Mark dan Center Mark biasanya digenerasi secara otomatis oleh software yang kita pakai (Manga Studio EX, Adobe Illustrator) atau tercetak langsung di kertas, jika kita memakai kertas kusus komik/manga.







Artikel Terkait:

4 komentar:

Kalau ada pertanyaan untuk artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.