Kamis, 12 April 2012

Peralatan Komik Digital

Scanner


Scanner yang biasa dipakai untuk pengarang komik adalah scanner A3 atau Tabloid. Seorang pengarang komik menscan kurang lebih 20 halaman perhari, jadi tidak perlu scanner berkecepatan tinggi, yang paling penting adalah kualitasnya. Berikut ini adalah scanner yang mudah ditemui di pasar Indonesia :
  • Brother: Merek ini memproduksi printer multifungsi, termasuk fungsi untuk melakukan scanning A3. Sebelum membeli cobalah tanyakan kepada penjualnya. Apakah printer multifungsi tersebut bisa mengscan dokumen A3 dengan 600 dpi non enhanced? lebih bagus jika bisa diatas 600 dpi. Artinya printer tersebut bisa melakukan scanning dengan resolusi standar komik tanpa penambahan resolusi secara digital. Penambahan resolusi secara digital, sama dengan membukanya dengan photoshop lalu dinaikan image sizenya. Hasilnya tidak sebaik jika resolusi tersebut memang didapat dari hasil rekam optik scanner.
  • Canon: Selain terkenal sebagai produsen kamera, canon juga terkenal sebagai produsen mesin photo copy dan juga scanner. Canon memproduksi scanner dengan berbagai ukuran dan kecepatan. Harga scanner A3 merek canon lebih mahal ketimbang printer multifungsi merek brother.

    Komputer

    Untuk membuat komik / manga secara digital tidak memerlukan  komputer dengan spesifikasi tinggi. Saya pikir kebanyakan personal komputer saat ini bisa menjalankan software-software komik dengan cukup baik. Jika anda memiliki komputer dengan prosesor inti ganda (dual core), Hard disk 80GB, RAM 1 GB, Kartu grafis 256 MB itu sudah cukup untuk menjalankan software-software komik dengan cukup baik. Ada kalanya software tersebut mendadak tertutup (crash) karena kehabisan  RAM, tapi hal seperti ini dialami oleh hampir semua orang. Jika anda memiliki dana yang cukup dan ingin mempunyai komputer dengan RAM yang tinggi, saya sarankan anda menggunakan Windows 64 bit, karena system windows 32 bit hanya mampu mengenali RAM maksimal 4 GB. Manga studio EX 4 yang berjalan dalam sistem 32 bit hanya mampu mengenali RAM maksimal 3 GB. Windows 7 Home premium 64-bit mampu mengenali RAM hingga 16 GB sedangkan Windows 7 Ultimate 64-bit mampu mengenali RAM hingga 192 GB.


    Wacom

    Wacom tablet memiliki fungsi yang jauh lebih baik dari mouse. Benda berbentuk tablet dan pen ini memiliki pressure sensitivity atau peka terhadap tekanan sehingga garis yang kita buat bisa menebal dan menipis sesuai dengan tekanan yang kita berikan. Wah mirip alat gambar manual yah? awalanya saya pikir akan semudah itu, tapi ternyata tidak, kita perlu berlatih berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk bisa terbiasa menggunakannya.

    Untuk bisa memilih Wacom yang sesuai dengan anda, yang harus diperhatikan pertama kali adalah untuk apa anda menggunakan pen tablet tersebut? Jika hanya untuk menggambar komik hitam putih, pen tablet kelas pemula sudah cukup sesuai. Jika anda hendak menggunakan pen tablet tersebut untuk mewarnai, maka seri Intuos lebih cocok. Untuk ukurannya (small, medium, large) anda bisa membandingkan dengan ukuran layar monitor anda. Jika anda hanya menggunakan laptop dengan ukuran 15,4 inchi atau kurang, maka pen tablet ukuran small sudah cukup sesuai. Untuk layar monitor 17 inchi hingga 20 inchi bisa menggunakan pen tablet dengan ukuran medium, dan seterusnya.

    • Wacom Intuos 4: Ini Wacom yang saya pakai saat ini, dengan ukuran medium. Wacom ini memiliki pressure sensitivity hingga 2048. Pressure sensitivity 2048, sudah cukup tinggi, bisa membuat garis tebal hingga runcing dengan halus. Wacom ini juga dapat mendeteksi kemiringan pen (tilt). Pada saat tulisan ini dibuat, Wacom baru saja meluncurkan Wacom Intuos 5 di Indonesia, perbedaanya dengan Wacom intuos 4 adalah Wacom Intuos 5 dilengkapi dengan "Touch" anda bisa menggunakan jari anda diatas tablet untuk navigasi tertentu.


    Wacom Intuos 4
    Wacom Intuos 4.

    • Wacom Cintiq: Cintiq adalah impian banyak insan di dunia komik dan juga di dunia seni digital lainnya. Saya sengaja menyembutnya impian karena harganya yang sangat mahal. Cintiq memungkinkan kita untuk menggambar langsung di layar monitor seperti seolah-olah layar monitor tersebut adalah sebuah kanvas. Ukuran layar monitor terbesar untuk Wacom Cintiq saat ini adalah 24 inchi.

    Wacom Cintiq 24HD © Wacom

    Selain merek Wacom, anda mungkin bisa menemukan pen tablet serupa dengan merek Hanvon. Kemudian mungkin anda pernah melihat mouse pen.Yang harus anda ketahui adalah pen tablet seperti ini tidak sama dengan mouse pen karena mouse pen pada dasarnya adalah mouse (tetikus) berbentuk pen. Coba lihat spesifikasi dari mouse pen tersebut, untuk bisa disebut pen tablet sebuah mouse pen harus memiliki pressure sensitivity. Agar bisa digunakan untuk berbagai keperluan, pen tablet tersebut sebaiknya memiliki pressure sensitivity minimal 1024.



      Software

      • Manga Studio Debut 4 dan Manga Studio EX 4: Manga Studio adalah software komik buatan Cel Sys Jepang. Di Jepang, software ini bernama Comic Studio (hm, sepertinya di sini, masing-masing pihak ngga pede dengan istilah komiknya masing-masing). Manga Studio adalah Comic Studio dalam bahasa Inggris yang didistribusikan oleh Smith Micro Amerika setelah Smith Micro mengakuisisi e-frontier. Software ini sangat populer di kalangan mangaka atau komikus yang mengerjakaan komik hitam putih secara digital. Mungkin karena memang belum ada software komik hitam putih lain yang secanggih Manga Studio. Prinsip dasar dari software ini adalah mendigitalkan seluruh alat manga tradisional. Yup, seluruhnya dari berbagai macam pena, penggaris hingga berbagai macam screen tone. Manga Studio debut merupakan versi dasar dari Manga Studio EX. Manga Studio Debut memiliki semua tool yang diperlukan untuk menghasilkan komik hitam putih yang bagus. Sedangkan Manga Studio EX memiliki seluruh tool yang diperlukan, kemudian memaksimalkan penggunaannya. Artinya, anda bisa memperoleh kualitas yang sama seperti Manga Studio Debut tapi dengan waktu yang lebih cepat dan cara yang lebih mudah.

      Manga Studio EX 4.

      • Illust Studio: Manga Studio adalah software yang sangat baik untuk membuat komik hitam putih tapi tidak dalam hal perwarnaan. Itulah sebabnya, perusahaan yang sama, Cel Sys, memproduksi software yang fungsinya diutamakan untuk mewarnai.

      Comic Studio Pro 4.0 dan Illust Studio  © Cel Sys

      • Paint Tool SAI: Kabar terakhir yang saya dengar, Paint Tool SAI tidak dikembangkan lebih lanjut, walau masih dijual secara online. Software ini mirip dengan Illust Studio atau yang benar adalah Illust Studio yang mirip Paint Tool SAI. Melihat Paint Tool SAI yang tidak lagi dikembangkan, Cel Cys kemudian membuat software serupa dengan harapan untuk mengisi kekosongan tersebut atau, mungkin juga sebagai pelengkap Manga Studio (Who knows?). 

      • Deleter Comicworks: Jika Paint Tool SAI tidak lagi dikembangkan, software yang satu ini nasibnya agak mirip. Deleter sepertinya mencoba mengantisipasi kecenderungan mangaka di Jepang sana yang mulai beralih untuk mengerjakan komik secara digital tapi sepertinya Deleter kalah cepat dengan Comic Studio keluaran Cel Sys dan software ini pun memiliki nasib seperti "hidup segan mati tak mau". Tapi tenang saja! masih banyak mangaka dan komikus yang mengerjakan komiknya secara manual karen walaupun Comic Studio sangat canggih tapi feelnya tetap tidak seenak ketika kita mengerjakannya secara manual. 
      • Daz Studio: Daz studio ini adalah software gratis, setidaknya untuk versi basicnya. Ini adalah software gratis yang membuat banyak orang heran, "kenapa software sekeren ini bisa gratis?". Software ini bisa anda pakai untuk referensi pose. Daz studio memiliki beberapa model manusia 3 dimensi yang posenya bisa anda atur dengan mudah.  Untuk mendapatkannya anda harus mendaftar terlebih dahulu disitus DAZ studio, ikuti petunjuk yang ada di situs tersebut untuk mengunduhnya dan untuk mendapat nomor seri. 
      • Gimp : Gimp adalah software free open source (free just like in freedom not free beers). Jika anda pernah memakai Photoshop, maka Gimp adalah versi open source dari Photoshop tersebut.  Anda bisa mengunduhnya secara cuma-cuma di situs Gimp.org ini.
      • Sketch Up: Ini juga software canggih nan gratis keluaran Google. Jika anda menggunakanya untuk keperluan arsitektur, mungkin anda harus membeli Sketch Up pro, tapi jika anda hanya menggunakannya untuk membuat latar belakang komik, yang versi gratis pun sudah cukup. Sketch Up bisa anda unduh dari situs ini.
      • Photoshop: Siapa yang tidak kenal Photoshop? Hayooo Siapa? Ngaku! Bahkan orang yang tidak bisa menggunakannya pun, banyak yang mengenalnya. Di antara software-software di atas mungkin ini adalah software yang paling mahal, tapi sayangnya bukan yang software yang paling utama. Photoshop memang bukan dikususkan untuk mengerjakan komik hitam putih tapi lebih untuk manipulasi grafis.  Jika saya boleh mengira-ngira, mungkin hanya 5-10% dari kemampuan photoshop ini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat komik hitam putih.




      Artikel Terkait:

      68 komentar:

      1. tanpa scaaner bisa gak membuat manga di foto contohnya

        BalasHapus
        Balasan
        1. Foto memiliki distorsi yang mengganggu. Garis-garis lurus bisa terlihat melengkung sehingga harus diperbaiki. Kalau tidak punya scanner, lebih baik langsung menggambar di komputer saja.

          Hapus
        2. Kalau mau menggambar di layar sentuh kira2 pakai apa ya? Apakah pakai laptop yg bisa jadi tablet atau gimana bro?

          Hapus
        3. Kalau menggambar pakai jari di tablet atau HP bisa saja tapi hasilnya tidak akan maksimal.

          Paling baik memakai monitor tablet seperti Wacom cintiq atau Microsoft surface. Ipad pro atau tablet murah meriah seperti Huion Kamvas juga bisa.

          Hapus
        4. Hasil saya maksumal pke jari dan cuma gambar d hp .. yg jdi mksimal ato ngga nya tergantung tangan kita nya

          Hapus
        5. Memakai jari atau stylus bisa ikut membentuk ciri khas hasil gambarnya.

          Kalau hanya dengan jari, kita cukup puas dengan hasilnya, ya silahkan saja.

          Hapus
        6. Lebih bagus mana meida kertas atau digital broo?

          Hapus
      2. Menggambar di komputer kayaknya susah.. Berarti harus make wacom ya?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Sebaiknya pakai wacom. Walau pakai wacom pun tidak langsung bisa. Tetap harus belajar dulu.

          Hapus
      3. saya sih pake paint tool sai. abang sendiri pakai apa tuh ??

        BalasHapus
      4. Bener bener ribet ternyata, kalo gambar di scan selanjutnya diproses pake apa? Ke photoshop atau dimasukin ke manga studio?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Dimasukan ke Manga studio (clip studio paint) baik untuk pewarnaan maupun penintaan secara digital.

          Hapus
      5. Gimana kalau pakai handscanner untuk scan gambar boleh gak?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Bisa tapi kurang disarankan, karena potensi tangan atau kertas yang bisa berubah posisi.

          Hapus
      6. Kayaknya kalau untuk photoshop masih jarang di pakek untuk menggambar anime, yg sering itu adobe illustrator

        BalasHapus
        Balasan
        1. Masalahnya kebiasaan, kenyamanan dan karakteristik hasil. Pakai yang mana aja selama hasilnya sesuai harapan kita.

          Hapus
      7. kalo pake paint tool sai agak susah juga ya pake mouse ? saran dong

        BalasHapus
        Balasan
        1. Semua software PC bisa juga digunakan dengan mouse tapi khusus software paint atau digital painting, akan lebih maksimal jika menggunakan Pen Tablet.

          Hapus
      8. kalo di wacom ada manga stuionya gak? klo gak ada sama aja install di pc gak ada guna klo laptopnya gak sentuh gan.. apakah harus pake laptop sentuh ya gan? terima kasih sangat membantu gan

        BalasHapus
        Balasan
        1. Wacom dipakai di PC/MAC. Bahkan wacom cintiq pun tandem dengan PC/MAC. Kalau mau yang idenpenden, coba microsoft surface.

          Hapus
      9. Kira-kira itu budget semuanya berapa yaa??

        BalasHapus
      10. Kira-kira budget semuanya berapa tuh??

        BalasHapus
        Balasan
        1. Wah kalau lengkap, bisa 20 jutaan untuk satu set. Beli sesuatu kemampuan dan yang paling perlu aja.

          Hapus
      11. Gan ksih tutor menggunkan manga studio

        BalasHapus
        Balasan
        1. Kalau untuk sekarang sepertinya lebih mudah cari video tutorialnya di youtube ketimbang bikin tutorial dalam bentuk web.

          Hapus
      12. Kira kira apa ya bedany gambar komik di laptop layar sentuh sama gambar di wacom cintiq ?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Cintiq bisa pen presure. Jadi garis bisa tebal tipis tergantung tekanan tangan. Kalau di layar sentuh, tebal tipis harus disetting di softwarenya.

          Hapus
      13. Mau tanya , kalau pakai wacom intuos comic kira kira butuh ram berapa untuk laptop?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Ram itu tergantung software yang dipakai dan besarnya ukuran gambar. 4 GB sudah cukup. Kalau mau nyaman maksimalkan. saya sendiri memakai ram 16GB.

          Hapus
      14. Kalau pakai wacom intuos comic kira kira butuh berapa ram laptop?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Maksimalkan saja. Biasanya kalau untuk laptop biasa sekitar maks 4gb. Laptop gaming bisa 8-16GB.

          Hapus
      15. Gan kira² gambar d lsptop tuouchscreen enak nggak ?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Bisa, tapi jarang dipakai untuk keperluan profesional. Touchscreen seperti tablet atau hp android hanya bisa menyimpan gambar resolusi rendah. Kecuali kalau pakai HP highend yang harganya sama seperti harga laptop mid end.

          Hapus
      16. mas apabila sdh trbiasa mgunakan wacom buat gmbar di computer.. masih prlu scanner gak? sya mo menej budget wkwk

        BalasHapus
      17. mas apabila sdh trbiasa mgunakan wacom buat gmbar di computer.. masih prlu scanner gak? sya mo menej budget wkwk

        BalasHapus
        Balasan
        1. Ngga juga karena scanner dibutuhkan jika kamu masih menggambar di kertas.

          Hapus
      18. Min, saya masih pemula dan belum memiliki alat yang tertera di atas apakah bisa menggambar lewat kertas aja lalu di edit menggunakan aplikasi? Trus aplikasi apa yang bagus digunakan?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Sangat bisa, kadang sayapun masih menggambar dikertas. Software umum yang dipakai adalah Photoshop atau manga studio (clip studio paint).

          Hapus
      19. Kalo scanner nya yg biasa bukan A3 bisa ga?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Bisa. Tapi satu halaman harus discan dua kali. Software seperti photoshop bisa menyatukan keduanya secara otomatis.

          Hapus
      20. gan kan hasil gmbar ane itu saya scan pake hand scanner , inking di kertas dengan drawing pen 0,1 , nah efeknya itu hasil gambar di komputer itu kelihatan tidak rapi dan terkesan kasar . nah kalau misalnya untuk mengatasinya gimana ya gan ?? terus kalau pake tablet pen apa mngkin bisa garisnya itu jadi halus ketimbang hasil scan ??

        BalasHapus
        Balasan
        1. Coba pilih settingan JPG/JPEG untuk savenya. Jangan pakai metode bitmap tapi metode grayscale.

          Hapus
      21. gan kan ane itu gmbarnya di scan pake handscaner , tapi efek pada gambar itu inking garisnya jadi kasar dan tidak halus, mlahan terlihat tebel . proses inkingnya ane lakukan dikertas dengan drawing pen 0,1 . nah kira2 untuk ngatasinya gmana gan ?? atau untuk mendapatkan hasil inking yang bagus harus pake tablet pen ?? atau lakukan proses inking di komputer . tulung penecerahanya gan .

        BalasHapus
        Balasan
        1. Coba pilih setingan JPEG pada scannernya. Garis menjadi kasar biasanya karena format savenya berbentuk bitmap (BMP) dan resolusinya kurang dari 600pixel.

          Hapus
      22. Gan, sy baru mau belajar digital art. Kira2 apa ya yg harus dibeli dulu? Pengen banget pas tau wacom cintiq tp kok harganya jg bikin pengen nangis. Hehe. Browsing ada XP-pen drawing tablet. Itu sama gak ya fungsinya kayak cintiq? Trus, klo tablet macam cintiq yg murmer dan cukup buat pemula apa y? Thank you infonya..

        BalasHapus
        Balasan
        1. Waduh, saya saja tidak memakai cintiq cuma intuos biasa. XP pen sama aja kok. Cuma lihat dulu spesifikasinya, pastikan resolusinya minimal 1024 pressure (lebih tinggi lebih bagus) lalu pastikan juga pennya tidak memerlukan baterai (magnetik). Pilih ukuran tablet yang mendekati ukuran layar monitor komputernya.

          Hapus
      23. Gan saya niat banget pengen jadi Komikus digital kaya di Webtoon gitu, pernah coba2 pake mangastudio5 di laptop.. tapi rasanya sulit bgt sama bener2 nyita waktunya lebih.. soalnya pake mouse buat lineartnya itu juga cuman pake curvecontinous ..kalo pake pen brush dsb susah..
        Kalo boleh tau minta sarannya.. alat2 apa aja yg masih diperlukan selain dari scanner sama pentablet kalo2 saya udah punya..

        BalasHapus
        Balasan
        1. Kalau sudah punya laptop dan pen tablet, sudah cukup untuk memulai proyek komik webtoon. Terus menggambar saja sampai akhirnya karya cukup bagus untuk ditayangkan.

          Scanner itu kalau sketsanya masih manual. Printer juga perlu untuk tes cetak kalau memang hasilnya dalam bentuk buku.

          Hapus
      24. gan bedanya signifikan ngga sih?wacom intuos cth490 sama yg di bawahnya,soalnya harga beda signifikan

        BalasHapus
        Balasan
        1. Coba cek ukuran area tabletnya, pilih yang paling mendekati ukuran layar monitornya. Coba cek presure sensitivitynya, usahakan 1024 keatas.

          Hapus
      25. Hai,
        Mau tanya, untuk pemula nih, lebih baik laptop atau tablet?
        Terima kasih

        BalasHapus
        Balasan
        1. Untuk pembuatan komik dan dana terbatas, maka laptop lebih baik.

          Tapi kalau mau yg lebih flexible dan punya dana lebih, tablet pro lebih baik.

          Tablet pro itu rata-rata harganya lebih mahal ketimbang laptop pemula.

          Hapus
      26. Mas, mohon sarannya. Anak saya masih SD, ingin punya peralatan utk bikin webtoon atau sejenisnya. Saya nggak tahu apa yg harus dibeli dengan budget terbatas. Apakah pen tablet wacom itu? Trus, pen tablet itu diinstall lagi dengan program apa? Mohon maaf kalau pertanyaan kurang jelas. Maklum udah emak2... Terimakasih sebelumnya.

        BalasHapus
        Balasan
        1. Tablet dg program window (10) bisa diinstal seperti laptop pada umumnya. Pilih tablet windows yang disertai stylus dg pressure sensitivity. Tablet dg OS android/IOS tidak bisa di install software untuk PC.

          Kalau di rumah sudah ada komputer yang bisa dipakai, dana terbatas bisa dibelanjakan alat gambar manual (kertas, pensil, penghapus, pen, tinta, spidol)lalu penting juga untuk membeli scanner (a4).

          Keseluruhannya itu butuh dana kurang lebih 2jt rupiah.

          Hapus
      27. Gan, kalau misal saya gambar manual pakai kertas. Kira2 beli wacom worth it ngga ?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Kalau gambar di kertas, beli scanner lebih utama ketimbang wacom.

          Tapi kalau ada uang lebih, beli aja yang murah. Ngga harus merek wacom. Yang penting speknya sesuai kebutuhan.

          Hapus
      28. Mau nanya gan, lebh baik beli laptop dan tablet pen. Atau bisa lgsg beli laptop dg spek layar sentuh dan pen stylusnspt lenovo X220?? Terimakasih

        BalasHapus
        Balasan
        1. Lebih baik laptop dan tablet. Atau kalau mau yang all in one, yg paling ideal adalah microsoft surface pro.

          Walaupun ada pen stylusnya, tidak semua laptop cocok untuk menggambar.

          Hapus
      29. Gan mau tanya kalau
        Komputer laptop acer one 10
        2GB DDR3 low Voltage Memory
        eMMC 32GB +500GB HDD
        Pake Tablet Wacom bisa?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Bisa. Spek untuk wacom memang ngga perlu tinggi. Spek PC/Laptop itu lebih berhubungan dengan software yang dipakai.

          Hapus
      30. Hai, mau tanya donk
        Kalo kita gambar di kertas, dan coloring tetap di kertas (misal pakai water paint color)
        Kemudian di scan dan tanpa di edit

        Apa hasilnya bisa bagus dijadikan komik di webtoon?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Bisa. Bagus tidaknya tergantung skill kita.

          Tapi banyak kok yang pakai cara manual buat komiknya.

          Hapus
      31. Kak mau tanya nih kalau wacom intuos itu cara kerjanya apa harus dg pc? Kalau gambar di display langsung gitu apa bisa?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Untuk Intuos, gambarnya di display langsung tapi tetap harus connect ke PC untuk penggunaan softwarenya.

          Ipad pro dan Microsoft surface bisa dipergunakan langsung tanpa PC.

          Hapus
      32. kalo sudah jadi. nyetaknya pakai apa dan kertas apa ?

        BalasHapus
        Balasan
        1. Kertas yang biasa dipakai percetakan besar, adalah kertas koran. Karena itu yang paling ekonomis untuk cetak skala besar.

          Kalau untuk rumahan, bisa pakai print laser di HVS biasa.

          Hapus
      33. Kak mau tanya klo aplikasi untuk membuat background bangunan komik webtoon itu apa?

        BalasHapus

      Kalau ada pertanyaan untuk artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.