Selasa, 24 April 2012

Memulai Manga Studio 4.0 Bagian 1

Membuat Halaman Baru di Manga Studio EX 4.0 Dan Manga Studio Debut 4.0


Manga Studio EX 4.0 dan Juga Manga Studio Debut 4.0, memberikan dua pilihan ketika kita ingin membuat file baru, yaitu: Story dan Page

Story: adalah pilihan pertama dari menu File – New yang merupakan bundle atau kumpulan dari beberapa buah page. Sebuah story bisa memiliki maksimal 99 pages. Jadi jika anda ingin membuat komik lebih dari 99 halaman, anda bisa membuat story baru. Disarankan satu story hanya memiliki 98 halaman saja

Page: Page merupakan halaman yang ada dalam sebuah story. Meskipun demikian kita bisa membuat page yang terpisah atau tidak merupakan bagian dari sebuah story. 



Membuat story baru: 

Pada menu bar pilih File – New – Story

Lalu muncul jendela berikut:



Perhatian:
Sangat disarankan kita men-setting halaman ini dengan ukuran sama dengan versi cetaknya. Jadi halaman ini tidak lagi mengalami penskalaan, baik itu diperbesar maupun diperkecil. Segala bentuk penskalaan akan membuat garis yang kita buat menjadi bergerigi (Jagged) dan bisa menyebabkan munculnya efek moire pada screentone yang telah kita terapkan.


Keterangan:
 
Page Setting
Page: ini adalah jumlah halaman yang ingin anda buat, kita bisa isi dengan angka 1 atau angka lain yang tersedia. Halaman baru bisa ditambahkan kemudian (atau di hapus), hingga maksimal 99 halaman. 

Binding Position: Ini adalah posisi penjilidan. Untuk komik Indonesia yang dibaca dari kiri ke kanan, maka posisi binding adalah left (kiri) dan starting page ada di right (Kanan)

Page Structure: Jika kita memilih double, maka halaman genap dan ganjil akan langsung digabungkan. Kecuali untuk halaman awal dan akhir yang ganjil.  Jadi ketika halaman itu dibuka untuk diedit, akan terbuka 2 halaman sekaligus.

Basic Info
Standar Resolution: ini adalah resolusi dalam dot per inch (pixel per inch), standard untuk komik hitam putih adalah 600 dpi atau lebih tinggi. Untuk komik berwarna anda bisa memakai 300 dpi. Untuk cover (halaman muka) bisa memakai 350 dpi. Jika anda hendak melakukan perwarnaan di software lain (photoshop, painter, gimp) anda bisa tetap menggunakan resolusi 600 dpi untuk kemudian dikurangi resolusinya di software perwarnaan yang anda gunakan.

Basic Color Model: ini adalah mode perwarnaan yang anda pakai, dan akan menjadi settingan default ketika membuat layer baru. Pilih monochrome untuk komik hitam putih. Jika anda berubah pikiran dan ingin merubahnya menjadi halaman berwarna, anda masih bisa melakukannya lagi nanti, melalui  change layer type.

Page size
Ini adalah ukuran canvas anda, bukan ukuran bidang gambar (drawing area). Ubahlah unit menjadi mm atau cm, atau bisa juga unit lain yang sering anda pakai. Untuk luas kertas, kita bisa memakai ukuran A4 atau ukuran lain selama ukuran tersebut lebih besar beberapa cm dari ukuran cetaknya.


Inside Dimension

Finish frame
Finish frame adalah ukuran cetak aslinya. Kita bisa menanyakan ke penerbit yang bersangkutan mengenai ukuran akhir dari buku komik tersebut. Atau kita bisa saja melihat buku komik yang sering kita baca lalu mengukurnya dengan penggaris. Di sini kita bisa gunakan ukuran yang cukup umum, yaitu 112mm x 175mm.

Basic Frame
Basic Frame atau Safe Area, biasanya 5mm dari Finish Frame. Ubahlah setting Basic Frame dari Specify Size ke Specify Margin, lalu isi angka 5mm di seluruh sisinya.Walau masih bisa berisi gambar, tapi adegan penting, efek suara dan balon dialog tidak boleh berada diluar Basic Frame ini.

Bleed Width
Bleed adalah gambar yang sengaja dilebihkan untuk mengantisipasi ketidak akuratan mesin pemotong kertas. Jadi jika mesin tersebut melenceng (katakanlan 2mm), maka tidak terdapat bagian tepi yang tampak kosong. Bleed umumnya adalah 2-5mm. Untuk komik Elex Media dan Koloni, lebar bleed adalah 2mm.

Story Info.
Ketika kita mengklik story info, kita akan disuguhkan dengan jendela seperti ini:


Dialog box bisa diisi atau dikosongkan saja. Dialog box ini berisi keterangan singkat tentang komik yang kita buat dan format nomor halaman. Jika kita melihat komik keluaran Elex media atau M&C, umumnya komik tersebut tidak memiliki nomor halaman.

Jika jumlah halaman yang anda buat lebih dari 99 dan anda harus membuat story ke 2, maka jendela storry setting diatas sebaiknya diisi. Minimal diisi pada bagian berikut.

Pagination Setting:
Format: Adalah angka atau huruf yang mengapit nomor halaman (contoh: Hal), ini bisa dikosongkan.

Start Number: Halaman pertama selalu di mulai dari halaman ganjil. Jadi angka ini diisi dengan angka 99. Nah itulah sebabnya, untuk story 1 sebaiknya maksimal hanya berisi 98 halaman, agar untuk story 2 bisa kita mulai dari halaman ganjil juga, yaitu halaman 99.


Jika anda memilih File-New-Page
Maka tampilan yang muncul adalah jendela berikut:



Mirip seperti story, perbedaannya hanya terletak pada page setting di bagian kanan dan info di bagian bawah.


Belum Selesai.
Setelah anda selesai menseting halaman, anda juga harus menset throat-nya, baik untuk halaman ganjil atau genap. Kita bisa memakai ukuran throat hingga 1,5cm. Untuk komik ini, ukuran throat yang saya pakai adalah 1cm di sisi kiri dan 1cm di sisi kanan. Jika kita memakai ukuran throat 5mm, maka posisi garis throat ini akan sama dengan posisi bingkai Basic Frame/Safe Area. Throat bisa dibuat dengan menggunakan fasilitas ruler yang disediakan oleh manga studio.

Jika anda tidak tahu apa yang dimaksud dengan throat, coba lihat halaman ini

Anda juga bisa menambahkan blok putih untuk menutupi gambar yang keluar dari bleed. 

Nah kalau sudah selesai, page tersebut bisa anda gunakan untuk mengambar atau mengimpor hasil scan anda. 

Anda bisa Save file tersebut. Untuk Story, ekstension yang dipakai adalah .cst dan untuk Page adalah .cpg  

Untuk menutup page pilih File - Close atau klik tanda (x) disamping tab Page yang terletak di kiri atas.
Saya juga sudah menyiapkan story yang telah jadi untuk komik ukuran 112 mm x 175mm (throat 1cm) dan 130mm x 180mm (throat 1.2cm). Sembunyikan layer folder teratas, sebelum mencetak. Walaupun demikian ada baiknya anda menkonsultasikan ukuran yang telah saya buat ini dengan penerbit anda, jikalau ternyata, penerbit tersebut menggunakan ukuran yang berbeda.

Anda mungkin bertanya "Kenape kagak dari awal aje ngasih filenye?" Maksudnya khan supaya tau...ngga ada salah nya kan? atau emang salah?


Download File  

NB: Mohon beritahukan kepada saya jika anda mengalami kesulitan mengunduh file tersebut.





Artikel Terkait:

4 komentar:

Kalau ada pertanyaan untuk artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.